cover
Contact Name
Ence Surahman
Contact Email
ence.surahman.fip@um.ac.id
Phone
+6287821191948
Journal Mail Official
ence.surahman.fip@um.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Malang, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran
ISSN : 24068780     EISSN : 26547953     DOI : 10.17977.um031
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran is a journal in the field of educational technology that contains literature review, action research, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational technology.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2022)" : 10 Documents clear
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Menggunakan iSpring untuk Siswa Sekolah Dasar Widya Eka Cahyani; Alif Mudiono; Arda Purnama Putra
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v9i12022p044

Abstract

Abstrak: Penelitian dan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD menggunakan iSpring pada tema 7 subtema 3 pembelajaran 3 dan 4 di kelas 5 SD yang valid dan praktis. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkahnya antara lain analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Hasil validasi dari ahli materi mencapai 87,5% dan termasuk kategori sangat valid, ahli bahan ajar mencapai 100% dan termasuk kategori sangat valid dan dari guru sebagai pengguna mencapai 96,8% dan termasuk kategori sangat valid. Adapun hasil uji coba kepraktisan kelompok kecil mencapai 100% dari siswa dan 100% dari guru. Hasil uji coba kepraktisan kelompok besar mencapai 97,2% dari siswa dan 100% dari guru. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ­e-LKPD menggunakan iSpring pada tema 7 subtema 3 pembelajaran 3 dan 4 di kelas 5 SD valid dan praktis serta dapat digunakan dalam pembelajaran daring.Abstract: The research and development carried out aims to produce e-LKPD using iSpring on theme 7 sub-theme 3 learning 3 and 4 in 5th-grade elementary school which is valid and practical. This research and development use the ADDIE model with the steps including analyze, design, develop, implement, and evaluate. The validation results from material expert reached 87.5% and included in the very valid category, teaching materials expert reached 100% and included in the very valid category and from the teacher, as a user, it reached 96.8% and included in the very valid category. The results of the small group practicality trial reached 100% of the students and 100% of the teacher. The results of the large group practicality trial reached 97.2% of students and 100% of teacher. Based on those results, it can be concluded that the e-LKPD Using iSpring on theme 7 sub-theme 3 learning 3 and 4 in grade 5 SD is valid and practical and can be used in learning.
Inovasi Bahan Pembelajaran Fisika Materi Fluida Menggunakan Kajian Aliran Air Bendungan Rakhmat Hidayat; Trapsilo Prihandono; Sudarti Sudarti
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v9i12022p080

Abstract

Abstrak: Pembelajaran fisika merupakan fenomena alam yang dapat ditemui dan dapat dipelajari di kehidupan sehari-hari. Aliran air Bendungan Sampean Baru dapat dijadikan contoh penerapan fluida dinamis karena dapat ditemui di lingkungan sekitar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aliran air bendungan sampean baru sebagai dasar untuk pembuatan LKPD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengukuran yang dilakukan adalah pengukuran lebar aliran sungai, kedalaman sungai, dan pengukuran menggunakan metode apung (floating method), dilanjutkan dengan perhitungan matematis untuk mendapatkan luas penampang, kecepatan aliran, dan debit aliran. Hasil kajian fluida menunjukkan bahwa lebar aliran sungai berbanding terbalik dengan luas penampang aliran dan sesuai dengan hukum persamaan kontinuitas. Dari hasil analisis bahan pembelajaran fisika materi fluida berbasis kontekstual menggunakan kajian aliran air dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran fisika pada materi persamaan kontinuitasAbstract: Physics learning is a natural phenomena that can be found and learned in everyday life. The water flow of Sampean Baru Dam can be used as an example of the application of dynamic fluids because it can be found in the environment around the students. This study aims to examine the water flow from the Bendungan Sampean Baru as a basis for making LKPD. This research uses a descriptive qualitative method.  The measurements taken were the measurement of the width of the river flow, the depth of the river, and measurements using the floating method, followed by mathematical calculations to obtain the cross-sectional area, flow velocity, and flow discharge. The results of the fluid study show that the width of the river flow is inversely proportional to the cross-sectional area of the flow and is in accordance with the law of continuity equations. From the results of the analysis, contextual-based fluid physics learning using water flow, can improve students' understanding of physics learning on the continuity equation material.
Pengaruh Virtual Meeting, Edulearning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Elsa Lumita Sari; Agung Listiadi
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v9i12022p023

Abstract

Abstrak: Pandemi COVID-19 di Indonesia menimbulkan terjadinya perubahan aktivitas belajar mengajar melalui daring yang ditunjang dengan berbagai media belajar online seperti zoom, google meet dan edulearning. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh virtual meeting, edulearning dan minat belajar  terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis ex post facto dengan teknik analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI AKL SMK Ketintang sebanyak 121 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Virtual meeting, edulearning dan minat belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa  secara simultan sebesar 10,2 %. (2) Virtual meeting tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa  secara parsial. (3) Edulearning tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa  secara parsial. (4) Minat belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa  secara parsial. Virtual meeting, edulearning dan minat belajar terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa meskipun pengaruh yang ditimbulkan tidak terlalu signifikan.Abstract: The COVID-19 pandemic in Indonesia has led to changes in online teaching and learning activities which is supported by various online such as zoom, google meet and edulearning. The purpose of this study was to determine the effect of virtual meetings, edu learning and interest in learning on student accounting learning outcomes. The method used is an ex post facto with multiple linear regression analysis techniques. The sample used was 121 students of class XI AKL SMK Ketintang. The results showed that (1) Virtual meeting, edulearning and interest in learning had an effect on students' accounting learning outcomes simultaneously by 10.2%. (2) Virtual meeting has no effect on student accounting learning outcomes partially. (3) Edulearning  has no effect on students' accounting learning outcomes partially. (4) Interest in learning has an effect on students' accounting learning outcomes partially. Virtual meetings, edulearning and interest in learning have an effect on student learning outcomes even though the effect is not too significant.
Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keaktifan dan Kemampuan Mahasiswa Rahayu Suseno; Indriyani Indriyani; M. Afdal; Addion Nizori
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v9i12022p090

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan aktivitas dan kemampuan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Weak Experimental dengan desain One Group Pretest – Posttest yang dilakukan kepada mahasiswasemester lima pada mata kuliah Sanitasi Industri, Program studi Teknologi Hasil Pertanian. Pengumpulan data menggunakan instrument tes dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa meningkat berdasarkan n-gain rata-rata kelas yang masuk dalam kriteria sedang sebesar 0,39. Tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis proyek termasuk kedalam kriteria sangat tertarik (94,92%) dengan persentase sangat setuju 30,98% dan setuju 63,93%. Metode pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan aktivitas dan kemampuan mahasiswa pada mata kuliah Sanitasi Industri.Abstract: This study aims to determine the effectiveness of project-based learning in increasing student activities and abilities. The research method used is Weak Experimental with the design of One Group Pretest – Posttest which is carried out to fifth semester students in the Industrial Sanitation course, Agricultural Product Technology Study Program. Collecting data using test instruments and questionnaires. Data analysis was done by descriptive analysis. The results showed that the student's ability increased based on the n-gain average class that was included in the moderate criteria of 0.39. Student responses to project-based learning were included in the criteria for being very interested (94.92%) with the percentage strongly agreeing 30.98% and agreeing 63.93%. Project-based learning methods are effective in increasing student activities and abilities in Industrial Sanitation courses.
Development of Digital Supplementary Material Using Quizizz-Based Learning Media in Intensive English Course Ni Kadek Liana Dewi; I.G.A Lokita Purnamika Utami; Made Hery Santosa
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v9i12022p014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi tambahan digital pada Intensive English Course sebagai media pembelajaran dan untuk melihat kualitas Quizizz sebagai media pembelajaran pada IEC. Penelitian ini menggunakan metode D&D dengan tiga prosedur pengembangan yaitu Design, Development, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu blueprint, lembar validasi instrumen, dan lembar evaluasi ahli isi dan media. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil akhir menunjukkan, tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari persentase ahli yaitu 98,2% dan 96,4% untuk konten dan 96% dan 94% untuk media. Efektivitas bahan ajar digital dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis Quizizz dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disangkal bahwa materi pelengkap digital dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Quizizz sangat baik untuk pembelajaran materi present tense bagi mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan perkuliahan bahasa Inggris.Abstract: This study aimed to develop Digital Supplementary Material in Intensive English Course as a learning medium and to see the quality of Quizizz as a learning medium in IEC. This study uses the D&D method with three development procedures: Design, Development, and Evaluation. This study uses three instruments: blueprint, instrument validation sheet, and content and media expert evaluation sheet. For the data analysis, this study employed qualitative and quantitative data analysis. The final result showed no significant difference from the percentage of experts, namely 98,2% and 96,4% for content and 96% and 94% for media. The effectiveness of digital supplementary material using Quizizz-based learning media is stated to improve learning outcomes. Based on the result of this study, it can be denied that digital supplementary material using Quizizz-based learning media is very good for teaching and learning present-tense material for 1st-semester students in the English Language Education study program.
Developing Authentic Assessment Rubric for Assessing English Skill Of Grade 4: A Case Study in Buleleng Ni Luh Sri Wahyu Purnami; Putu Kerti Nitiasih; Luh Gd. Rahayu Budiarta
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v9i12022p099

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan rubrik penilaian otentik kelas 4 berdasarkan sintaksis pembelajaran discovery, berbasis proyek, masalah dan berbasis tugas. Metode desain dan pengembangan digunakan dengan model ADDE. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan siswa kelas 4 di dua sekolah di Buleleng. Wawancara, observasi, dan studi dokumen merupakan metode pengumpulan data. Hasil dari tahap analisis digunakan untuk merancang dan mengembangkan rubrik penilaian otentik. Ini dikembangkan berdasarkan silabus kelas 4. Rubrik didukung dengan sumber belajar mengajar, tabel perbandingan dan analisis. Ada empat jenis rubrik yang dikembangkan, yaitu rubrik untuk menilai proses dan hasil belajar siswa, rubrik penilaian diri terhadap proses dan produk atau kinerja belajar siswa. Berdasarkan hasil penilaian ahli rubrik yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa kelas empat.Abstract: The purpose of this study is to develop an authentic assessment rubric for grade 4 based on the syntax of discovery learning, project based-learning, problem-based learning, and task-based learning. The design and development method was used with the ADDE model. The subjects of this study were English teachers and students of grade 4 in two schools in Buleleng. Interview, observation, and document study were the methods of data collection. Next, the result of the analysis phase was used to design and develop the authentic assessment rubric. It developed based on the grade 4 syllabus. The rubric supported with teaching and learning resources, a comparison and analysis table. There are four types of rubrics developed, rubric for assessing the process and students' learning performance or product, self-assessment on the process and on students' learning product or performance. Based on the result of evaluation phase the rubric was appropriate for students in fourth grade.
Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Literasi untuk Mendukung Pembelajaran Daring Bermakna Mochamad Zainun Aslik; Hari Karyono; Wawan Gunawan
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v9i12022p056

Abstract

Abstrak: Pengembangan modul ini bertujuan menghasilkan E-modul siswa dan guru berbasis literasi melalui media WhatsApp untuk pembelajaran daring bermakna. Dengan media ini siswa dapat belajar dengan mudah dan bermakna walaupun harus belajar di rumah secara daring. Model pengembangan dengan ADDIE. Adapun langkahnya (1) menganalisis kebutuhan, kurikulum, dan karakter peserta didik, (2) perancangan instrumen penilaian, konten, latihan, dan analisis  materi pembelajaran, (3) pengembangan realisasi produk berupa E-modul, (4) menguji coba produk hasil pengembangan. Hasil penelitian validasi ahli materi menunjukkan bahwa rerata 89%. Sedangkan validasi  ahli desain buku siswa mencapai 88,5%, buku guru mencapai 92%. Hasil validasi ahli media modul siswa 85% dan buku guru 86,5%. Sedangkan hasil uji coba kelompok kecil mencapai 89,9%. Uji lapangan mencapai hasil rerata 91,0%, dan review teman sejawat mencapai rerata 87,6%. Kesimpulannya adalah pengembangan E-modul IPA Berbasis Literasi melalui media WhatsApp untuk mendukung pembelajaran daring bermakna dikategorikan layak.Abstract: The development of this module aims to produce literacy-based E-modules for students and teachers through WhatsApp media for meaningful online learning. With this media, students can learn easily and meaningfully even though they have to study at home online. Development model with ADDIE. The steps are (1) analyzing the needs, curriculum, and character of students, (2) designing assessment instruments, content, exercises, and analysis of learning materials, (3) developing product realization in the form of E-modules, (4) testing the product developed. . The results of the material expert validation research show that the average is 89%. While the validation of student book design experts reached 88.5%, teacher books reached 92%. The results of the expert validation of the student module media are 85% and the teacher's book is 86.5%. While the results of the small group trial reached 89.9%. Field trials achieved an average result of 91.0%, and peer reviews reached an average of 87.6%. The conclusion is that the development of Literacy-Based Science E-modules through WhatsApp media to support meaningful online learning is categorized as feasible.
Perangkat Pembelajaran Virtual Field Trip Berbasis Education For Sustainable Development Di Sekolah Dasar Rahmania Zahara; Ghullam Hamdu
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v9i12022p001

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan Virtual Field Trip berbasis Education for Sustainable Development (ESD) dalam bentuk aplikasi sebagai perangkat pembelajaran peserta didik. Pengembangan VFT menggunakan jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan melalui tahapan (1) pengumpulan data, (2) desain produk, (3) validasi produk, (4) uji coba terbatas secara internal, (5) uji coba terbatas kepada peserta didik, (6) teknik analisis data. Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan Focus Group Discussion (FGD) serta penilaian dari para ahli. Teknik analisis data diantaranya, reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil validasi produk oleh beberapa ahli menunjukkan bahwa aplikasi masih memerlukan perbaikan berupa pengurangan atau penambahan fitur. Maka, peneliti akan melakukan perbaikan pada produk sesuai saran dari para ahli, untuk menghasilkan produk yang layak digunakan. Pengembangan produk VFT sebagai sarana belajar mandiri peserta didik kapan saja dan dimana saja, tanpa batas ruang dan waktu.Abstract: The purpose of this research is to develop a Virtual Field Trip based on Education for Sustainable Development (ESD) in the form of applications as a learning device for learners. VFT development uses the type of research and development through stages (1) data collection, (2) product design, (3) product validation, (4) internally limited trials, (5) limited trials to learners, (6) data analysis techniques. Data collection techniques include observation, interview and Focus Group Discussion (FGD) and assessments from experts. Data analysis techniques include, reduction, presentation of data and conclusions. Product validation results by some experts show that the application still needs improvements in the form of reductions or additions to features. So, researchers will make improvements to the product according to the advice of experts, to produce a product that is worth using. VFT product development as a means of self-learning learners anytime and anywhere, without the limits of space and time.
Exploring Anxiety in Learning English During The Emergency Remote Teaching in Islamic Senior High School Muhammad Ichsan Hanafie; Made Hery Santosa; Gede Mahendrayana
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v9i12022p068

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa dan guru SMA islami serta cara mereka dalam mengurangi kecemasan dalam pembelajaran bahasa Inggris selama pengajaran jarak jauh darurat. Metode penelitian campuran menggunakan kuesioner dan panduan wawancara untuk memperoleh data. Peserta penelitian ini adalah 126 siswa dan empat guru bahasa Inggris di MAN 1 Jembrana. Hasil kuesioner menunjukkan skor rata-rata kecemasan siswa adalah 3,25 yang termasuk dalam kategori kecemasan sedang. Sedangkan hasil skor rata-rata kecemasan pada keempat guru bahasa Inggris yang telah disebar menunjukkan skor 1,8 dan termasuk pada kategori kecemasan rendah. Selanjutnya, hasil panduan wawancara terstruktur menunjukkan bahwa siswa merasakan cemas ringan pada pembelajaran bahasa Inggris selama emergency remote teaching sedangkan guru merasa cenderung tenang dan percaya diri.Abstract: This study focuses on knowing the level of anxiety of Islamic high school students and teachers and how they reduce anxiety in learning English during emergency remote teaching. Mixed methods were used with questionnaires and interview guides to obtain data. The participants of this study were 126 students and four English teachers at MAN 1 Jembrana. The results of the questionnaire showed the mean score of students' anxiety was 3,25 which was included in the category of moderate anxiety. Meanwhile, the mean score of the four English teachers who have been distributed shows a score of 1,8 and is included in the category of low anxiety. Furthermore, the results of the structured guide interviews showed that students felt mild anxiety in learning English during emergency distance teaching, while teachers felt relaxed and confident.
The Effect of Online Gamification Quiz Application on Vocabulary Mastery for Young English Learners Nyoman Adi Purnawan; Ni Nyoman Padmadewi; Luh Gd Rahayu Budiarta
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 9, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v9i12022p033

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kahoot pada penguasaan kosakata untuk pelajar bahasa Inggris usia muda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-experimental One Group Pre-test and Post-test. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kosakata yang terdiri dari 20 item dalam pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Dana Punia Singaraja. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan yang terdapat pada pada penguasaan kosakata untuk pelajar muda bahasa Inggris dengan efektivitas kategori sedang. Lebih Lanjut, penerapan Kahoot sebagai gamifikasi dalam pembelajaran kosa kata sudah tepat dalam meningkatkan penguasaan kosakata pelajar muda.Abstract: This research aimed to investigate the effect of Kahoot on vocabulary mastery for young English learners. This research utilized the quantitative method with Pre-experimental One Group Pre-Test and Post-Test Design. The instrument used to collect the data was vocabulary test that consisted of 20 items. The data were analyzed using descriptive and inferential statistics. The participants of this study were fourth-grade students of SD Dana Punia Singaraja. The findings proven there was a significant effect on vocabulary mastery for young English learners with a moderate effect of effectiveness. Furthermore, the implementation of Kahoot as gamification in English learning was precise in improving young learners' vocabulary mastery.

Page 1 of 1 | Total Record : 10